Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi

DuniaTech.Net - Bagi kalian yang belum tau Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi, pada kesempatan kali ini admin mau bagi-bagi tutorial yang sangat bermanfaat tentunya, simak langkah demi langkahnya ya jangan sampai ketinggalan agar tidak kebingungan.

Mengunduh aplikasi perekaman layar pihak ketiga itu bisa berbahaya lho. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah dapat merekam semuanya pada tampilan layar seseorang, jadi mudah sekali bagi developers jahat untuk melihat atau mengeksploitasi ini untuk keuntungan mereka sendiri. Karena itulah penambahan fitur perekaman layar bawaan Android 10 sangat berdampak positif dalam mencegah kebocoran data yang tidak di inginkan.

Dengan Android Q , Sobat dapat memanfaatkan perekam layar bawaan Android kapan pun Sobat ingin berbagi rekaman layar. Fitur ini akan memenuhi kebutuhan sebagian besar dari Sobat, dengan hanya dasar-dasar yang akan membuat Sobat merekam, menjeda rekaman, berhenti dan menyimpan, dan, tentu saja, bagikan. Tidak ada pengaturan khusus atau opsi membingungkan, menjadikannya alat yang sangat mudah setelah Sobat tahu cara membukanya.

Secara default, fitur baru ini disembunyikan dari pengguna. Tetapi dengan beberapa langkah, Sobat dapat memanfaatkan fitur ini dan tidak perlu mengunduh lagi aplikasi perekaman layar.

Langkah 1

Aktifkan Opsi Pengembang
Secara default, perekam layar dinonaktifkan, jadi Sobat harus mengaktifkannya secara manual. Namun, sebelum itu, Sobat harus terlebih dahulu menyembunyikan menu " Opsi pengembang ".

Buka aplikasi Pengaturan, pilih "Tentang ponsel," lalu ketuk "Build number" di bagian bawah setidaknya 7 kali berturut-turut. Sobat akan diminta memasukkan kata sandi layar kunci, PIN, atau gerakan. Setelah melakukannya, Sobat akan kembali ke halaman sebelumnya, dan itu akan mengatakan "Sobat sekarang adalah pengembang!" Sekarang, kembali ke pengaturan "System", pilih "Advanced" untuk mengungkapkan lebih banyak opsi, dan sekarang Sobat akan melihat "Opsi pengembang" lihat penjelasan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.


Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi

Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi


Langkah 2

Aktifkan Perekam Layar
Di dalam menu "Opsi pengembang", pilih "Fitur bendera" di bagian Debugging . Selanjutnya, cari bendera "settings_screenrecord_long_press" dan aktifkan.

Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi


Langkah 3

Rekam Layar Sobat
Setelah diaktifkan, Sobat sekarang dapat menggunakan perekam layar bawaan yang baru. Tekan lama tombol daya untuk mengakses menu daya, lalu tekan lama tombol tangkapan layar hingga Sobat melihat menu yang muncul dengan tombol "Mulai Perekaman." Ketuk, dan pop-up baru akan muncul memperingatkan bahwa program ini akan menangkap semua yang ada di layar Sobat. Pilih "Mulai sekarang."

Pemberitahuan akan muncul berjudul "Perekaman Layar" dengan berhenti, berhenti, dan batalkan opsi yang tersedia. Masing-masing sesuai dengan namanya, yang memungkinkan Sobat untuk menghentikan rekaman, menjeda, atau mengakhirinya tanpa menyimpannya. Pemberitahuan dapat diakses kapan saja dengan menarik baki ke bawah dari atas.

Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi
Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi

Setelah Sobat menekan "Stop," video akan disimpan ke galeri default Sobat di folder yang disebut "Capture." Dalam pemberitahuan yang menyatakan itu disimpan, Sobat juga memiliki opsi untuk "Bagikan" atau "Hapus" video. Jika Sobat mencoba mengambil tangkapan layar selama perekaman, sepertinya akan merusak perekaman layar, jadi ingatlah itu. Kualitas bervariasi dari perangkat ke perangkat.

Bagaimana mudah bukan Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi , bagi kalian yang belum terlalu paham silahkan tanya di komentar ya, jangan lupa share juga ke teman kalian, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Perekam Layar Internal di Android 10 Tanpa Tambahan Aplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel